Sunday Service

2015: Tahun Pemulihan (Year of His Restoration)

Mencatat kotbah ialah salah satu cara mengingat Firman Tuhan yang telah kita dengar. Berikut adalah ringkasan kotbah yang kudengar dan kucatat di ponsel pada 4 Januari lalu saat menghadiri kebaktian Vision Sunday di gerejaku, New Creation Church, oleh Ps Joseph Prince; yang tentu saja telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia:

Part 1

Kita tidak dapat memisahkan Kehendak Tuhan dengan Firman Tuhan. Pada dasarnya, kedua hal tersebut berjalan bersama-sama.

Sebelum memasuki tahun yang baru ini, saya berdoa sambil menunggu Tuhan mengungkapkan rhema untuk tahun 2015 yang baru kita masuki ini. Suatu malam saya mendapat mimpi. Saya tahu kita tidak selalu dapat mengandalkan mimpi. Namun tidak dapat saya pungkiri, beberapa kali Tuhan menjawab saya melalui mimpi. Ketika Tuhan menyatakan sesuatu, doakanlah, mengalirlah bersama Tuhan.

Didalam mimpi itu, saya melihat kekacauan, tangan-tangan yang hendak memeras Israel, mencuri Yerusalem, sementara dunia ini seperti mendidih. Dan teringatlah saya pada Zakaria 12:3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.

Banyak bangsa akan bersatu melawan Israel, agar Israel menyerahkan lebih banyak tanah. Bangsa-bangsa ini akan dikerat. Tuhan akan mengizinkan beberapa musibah terjadi supaya perhatian bangsa-bangsa ini terpecah ke banyak arah, sementara tekanan akan trus diberikan kepada Israel. Tugas kita ialah untuk terus mendoakan Israel.

Part 2

Orang-orang yang pernah mengalami kerugian, kehilangan orang yang dikasihi, hubungan yang hancur dan lain sebagainya; di tahun-tahun yang sebelumnya, dengarkanlah ini:  Tuhan akan memberkati engkau dengan sesuatu yang lebih besar di tahun 2015 ini.

Saya hendak membacakan sebuah kesaksian yang dikirim oleh seorang anak Tuhan di Florida:

Pada Oktober 2011 pemuda berusia 22 tahun ini, sedang bersusah payah menjalani hidup yang dipenuhi rasa bersalah (condemnation), juga membenci pekerjaannya karena atasannya justru membuat kehidupannya tambah menyedihkan.

Kala itu Ia baru mulai mendengarkan pesan kasih karunia (message of grace, untuk lengkapnya, baca website ini http://goo.gl/2OLrwL).

Ia belajar untuk tetap tinggal tenang  rest  (Ingatkah anda rhema di gereja kita beberapa tahun yang lalu, Ketenangan yang Meningkat  ”Restful Increase” ?). Pemuda ini mulai membiarkan Tuhan mengambil alih, membiarkan Tuhan bekerja dalam hidupnya dan mengizinkan Tuhan memimpin hidupnya. Sementara itu, Ia sendiri tetap bertahan di pekerjaannya

Tahun 2012, rhema di gereja kita ialah Berbuah dengan Subur “Unceasing Fruitfullness”. Memasuki tahun tersebut, Ia memanjatkan tiga buah doa seperti yang biasanya kita doakan di awal tahun yang baru. Ia berdoa meminta pasangan hidup; mendapatkan posisi dalam pekerjaannya supaya ia bisa mendapat tambahan penghasilan dan memiliki hubungan yang lebih erat dengan Tuhan.

Di tahun yang sama doanya dijawab. Tidak hanya mendapatkan seorang kekasih, ia juga memperoleh pemasukan tambahan karena koleganya tertarik dengan menu makanan sehat yang disiapkannya setiap hari untuk makan siangnya.

Tahun 2013, rhema di gereja kita ialah Kunci Daud yang membuka pintu2 yang tertutup ”Key of David”. Di tahun itu, ia melamar kekasihnya. Merekapun menikah pada Februari 2014.

Tahun 2014, rhema di gereja kita ialah Kemuliaan Tuhan yang lebih besar, “Year of Greater Glory”. Di tahun 2014 yang baru saja berlalu, Ia dan sang istri berhasil membayar lunas biaya pernikahan mereka, membeli sebuah rumah dan sebuah mobil. Berita manis tidak hanya sampai disana, sang istri hamil dan pasangan ini pun sedang menantikan sepasang bayi kembar. Ia sendiri mendapatkan penghasilan tambahan dengan membantu usaha mertuanya. Tahun 2014 ia sungguh melihat kemuliaan Tuhan yang lebih besar.

Kalau anda ingin mengetahui penggagas kalimat ini, “Saat kamu tinggal tenang, Tuhan bekerja. Ketika kamu bekerja, Tuhan tinggal tenang.“; orangnya ada di hadapan anda. Joseph Prince.

Part 3

Tahun ini merupakan Tahun Pemulihan bagimu. Tuhan mau engkau diberkati di setiap jalanmu. Tidak ada lagi penghukuman yang jatuh di atas kepalamu. Perkatakan terus, Tuhan memulihkan “God restores

Berbeda dengan manusia yang ketika membetulkan kursi kayu miliknya yang rusak, kualitasnya tidak mungkin kembali seperti ketika ia baru saja membelinya; untuk Tuhan, ketika IA memulihkan atau memperbaiki, hal itu bahkan menjadi lebih baik daripada kondisi sebelumnya.

Kalau anda mulai bertanya-tanya, hal apa saja yang akan dipulihkan tahun ini?

  • Jiwamu (Mazmur 23:3) Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Dari semua sifat/perasaan/karakter yang negatif
  • Waktumu (Yoel 2:25), Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan  habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku  yang besar yang Kukirim ke antara kamu. Semua potongan yang rusak akan dikembalikan menjadi satu.
  • Kesehatanmu (Yeremiah 30:17), Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati  luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorangpun menanyakannya. Dari luka-luka dan masalahmu.
  • Pikiranmu (Ayub 33:25) Tubuhnya mengalami kesegaran seorang pemuda, ia seperti pada masa mudanya. Agar ingatanmu kembali tajam dan kuat; bahkan daging dan tubuhmu pun kuat seperti orang muda

Part 4

Dan kalau kamu bertanya, atas dasar apa saya bisa berkata kalau pemulihan yang datang dari Tuhan itu selalu lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas?

  • Semakin banyak kehilangannya, Semakin banyak dikembalikannya (Keluaran 22:1) Apabila seseorang mencuri seekor lembu atau seekor domba dan membantainya atau menjualnya, maka ia harus membayar  gantinya, yakni lima ekor lembu ganti lembu itu dan empat ekor domba ganti domba itu. Perkatakan terus, Tuhan memulihkan, Tuhan mengembalikan “God restores

Sebagian dari kamu mungkin akan sampai pada suatu kondisi dimana kamu berbahagia pernah kehilangan yang 1 lalu mendapatkan yang 5. Kamu mungkin tidak akan pernah mendapatkan yang 5 ini jika tidak kehilangan yang 1 itu.

  • Tambahannya ialah 20% alias seperlima dari ganti yang tidak bercacat cela (Imamat 5:15-16) Apabila seseorang berubah setia dan tidak sengaja berbuat dosa dalam sesuatu hal kudus yang dipersembahkan kepada TUHAN, maka haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN sebagai tebusan salahnya seekor domba jantan  yang tidak bercela dari kambing domba, dinilai menurut syikal perak, yakni menurut syikal kudus,  menjadi korban penebus salah. Hal kudus yang menyebabkan orang itu berdosa, haruslah dibayar gantinya  dengan menambah seperlima,  lalu menyerahkannya kepada imam. Imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu dengan domba jantan korban penebus salah itu, sehingga ia menerima pengampunan.

Di masa lalu orang harus membawa korban domba jantan, 100 syikal dengan tambahan 20% lagi; untuk menebus dosa mereka. Penebus kita sekarang ialah Yesus, korban tanpa cacat luar dalam, yang telah dipersembahkan kepada Tuhan untuk menebus dosa kita.

Part 5

 Area-area dimana kamu lemah, akan dikuatkan di tahun ini.  Meski kehilangan yang terjadi di masa lalu itu mungkin terjadi karena salahmu sendiri, Tuhan akan tetap memulihkannya.

Perkatakan terus, Tuhan memulihkan, Tuhan mengembalikan “God restores”

Terkadang saya bersyukur Adam memakan buah itu.

Tuhan kehilangan ciptaan yang paling istimewa karena dosa Adam.

Namun melalui pengorbanan Yesus di kalvari, justru IA memperoleh keluarga; yakni kita semua anak-anakNya yang percaya. Menguntungkan buat Tuhan.

Seandainya Adam dan Hawa beranak cucu di Eden, saya yakin pada akhirnya pasti akan ada seseorang dari keturunannya yang akan memakan buah tersebut juga.

Menguntungkan buat kita, karena rumah kita kelak berada di Sorga, bukan Taman Eden.

Menguntungkan buat kita, karena sekarang kita bisa punya hubungan dengan Tuhan bagaikan ayah dan anak karena kita telah menjadi ahli waris bersama Kristus.

Apa yang diperbuatNya bagi kita dan untuk kita, lebih banyak menguntungkan kita. (Roma 5:17) Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

Tuhan mengembalikan sesuatu yang tidak diambilNya. IA akan mengembalikan 120% dari apa yang dicuri oleh iblis, yang ditipu oleh iblis, yang dirampas oleh iblis. (Imamat 6:4-5) Apabila dengan demikian ia berbuat dosa dan bersalah, maka haruslah ia memulangkan barang yang telah dirampasnya atau yang telah diperasnya atau yang telah dipercayakan kepadanya atau barang hilang yang ditemuinya itu, atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya. 

Part 6

Istilah 20% alias seperlima ini pertama ditemukan di cerita Yusuf (Yusuf, tipe Kristus), sewaktu Yusuf mengartikan mimpi Firaun mengenai 7 tahun masa kelimpahan dan 7 tahun masa kesusahan. (Kejadian 41:34) Baiklah juga tuanku Firaun berbuat begini, yakni menempatkan penilik-penilik atas negeri ini dan dalam ketujuh tahun kelimpahan itu memungut seperlima dari hasil tanah Mesir.

Firaun di masa itu memainkan perannya sebagai Presiden. Ia memerintah negeri tersebut namun tidak menguasai kepemilikan tanah rakyat. Selama 7 tahun kelimpahan, rakyat memberikan 1/5 hasil tanahnya kepada Firaun dan menggunakan sisanya. Memasuki 7 tahun kelaparan, Firaun, menjual hasil tanah yang telah disimpannya kepada rakyat, sehingga Firaun mendapatkan pemasukan tambahan 1/5 yang bahkan bukan kepunyaannya (rakyat sendiri yang memberikannya 7 tahun lalu).

Berhenti bertanya mengapa ini harus terjadi. Pemulihan akan terjadi di hidupmu, proklaim 120%. Mungkin kamu pernah kalah, tapi kamu akan tetap menang pada akhirnya. Karena peperangan kita itu dilakukan dari posisi kita yang tinggal tenang, sebab karya Tuhan sudah selesai; kita ini sudah menang. Kita berperang dengan iman. (Ibrani 11:6) Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah,  ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Kata Pemulihan dalam bahasa inggris Restoration mengandung kata Rest yang berarti tinggal tenang. (Yesaya 32:18) Bangsaku akan diam di tempat yang damai, di tempat tinggal yang tenteram di tempat peristirahatan yang aman.

Part 7

Tinggal tenang tidak sama dengan menjadi pemalas yang tidak melakukan apa2 didalam hidup ini. Tinggal tenang berarti kamu tetap melakukan aktivitasmu tapi tidak dengan perasaan cemas, khawatir, gelisah, berbeban berat, panik, terburu-buru dan tegang. Belajar membiarkan hidupmu dipimpin Roh Kudus, dan terus bergerak dalam aliran Roh Kudus. (Mazmur 23:2) Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang.

Tuhan tidak akan tinggal tenang sampai IA menyelesaikannya bagimu. Ingat Boas yang memiliki karakter seperti Yesus dalam cerita Rut?

Sementara Rut menanti Boas melamarnya, mertuanya berkata dalam Ruth 3:18 Lalu kata mertuanya itu: “Duduk sajalah menanti, anakku, sampai engkau mengetahui, bagaimana kesudahan perkara itu; sebab orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini juga.” Naomi menasehati Rut untuk tinggal tenang, karena Boas tidak akan berdiam saja sampai perkara tersebut selesai.

Tuhan Yesus tidak akan tinggal tenang sampai IA memulihkanmu dan mengembalikan padamu apa yang telah dirampas.

Advertisements

One thought on “2015: Tahun Pemulihan (Year of His Restoration)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s