Sunday Service

Alami DIA yang Memberi Kehidupan (Experience His Life Giving Way)

Kamu tidak sendiri. Setelah penyanyi yang membawakan lagu tersebut berjalan meninggalkan panggung, Ps Prince melangkahkan kakinya ke tengah panggung sambil terus mengulang kalimat tersebut “Kamu tidak sendiri” ~ Judul Kotbah sudah diupdate setelah CDnya keluar minggu lalu. 😀

Part 1

Ia memulai kotbahnya dengan menjelaskan 5 jenis persembahan yang tertulis di perjanjian lama, Imamat 1-7, Korban Bakaran, Korban Sajian, Korban Keselamatan, Korban Penghapus Dosa dan Korban Penebus Salah.

Tiga dari Lima Persembahan diatas tidak bersifat wajib, hanya Korban Penghapus Dosa dan Korban Penebus Salah yang wajib.

Di zaman sekarang, kita tidak perlu lagi membawa kedua korban wajib ini karena pembayaran yang dilakukan Yesus sewaktu IA tergantung di kayu salib telah membayar lunas keduanya. Bahkan lebih daripada lunas; Istilahnya Yesus membayar hutang sebesar 1 juta dengan uang 1 Trilyun.

Dan karena Yesus berada di luar dimensi waktu, Ia mati untuk orang-orang percaya yang hidup sebelum kedatanganNya yang pertama, maupun orang-orang percaya yang hidup setelah kedatanganNya yang pertama. Meski darahNya tercurah 2000 tahun lalu, tetapi untuk membersihkan dosa orang yang percaya dan menerima Yesus sebagai juruslamat pribadi; hal itu seperti baru terjadi kemarin.

Ibrani 13:15-16 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Disini kita diingatkan untuk:

  • Membawa persembahan keselamatan, pujian dan syukur bagi/kepada namaNya.
  • Lakukanlah yang baik kepada orang lain.

Part 2

Ditengah kehidupan dunia yang penuh dengan kata-kata vulgar, kamu bisa memilih untuk tetap berdiri teguh untuk Yesus. Kenapa anak-anak Tuhan berhenti bersyukur kepada Tuhan di depan umum? Ketika kau merasa ingin mengatakan, “Puji Tuhan”, jangan berhenti dan perkatakan itu.

Seperti yang sudah dijelaskan minggu yang lalu, korban itu sendiri berasal dari kata karab yang artinya datang mendekat. Jika kita percaya bahwa IA mati dan membayar lunas dua korban wajib yang disebutkan diatas, maka datanglah mendekat padaNya…

Memiliki Banyak Pengalaman tetap bisa gagal. Memiliki Modal yang Kuat bisa gagal. Memiliki Uang yang banyak tetap bisa gagal. Tetapi Tuhan tidak pernah gagal. Mendekat kepada Tuhan. Memang benar Tuhan selalu ada didekat kita, tetapi giliran kita memposisikan diri berada dekatNya. (Goshen : Tempat Mendekat)

Kita bisa mendekat karena Darah Kristus telah tercurah, bukan karena kebaikan kita. Jadi beban untuk menjadi sempurna sebelum mendekat kepada Tuhan terangkat sudah. Seringkali sebagai manusia; kita merasa baik di suatu waktu, sementara di waktu lain perasaan itu berubah menjadi depresi.

Kita tidak dapat bergantung pada perasaan kita tersebut. Karena sebagai orang percaya, kita bergantung pada apa yang dikatakanNya melalui FirmanNya. Kamu percaya Tuhan selalu berada didekatmu, dan kamu bisa mendekat kepadaNya kapanpun tanpa menunggu dirimu berubah jadi sempurna.

Apa yang kita miliki, kondisi kita sekarang, adalah kasih karunia Tuhan. Kita telah diselamatkan sekali untuk seterusnya. Mencekik sekali berpikir bahwa ketika kau diselamatkan kemarin, namun kamu bisa kehilangan kesalamatanmu esok hari. Jangan biarkan kebenaran itu dirampok dalam hidupmu.

Sela – Kutipan dari http://tinyurl.com/lt9nqus. Salib telah mengubah segalanya; Sebelum Salib, pengampunan itu diperoleh secara bersyarat; sementara sesudah salib pengampunan itu diperoleh karena kita telah dibasuh dengan darah Kristus.

Sebelum Salib: Keluaran 32:31-35 | Imamat 4-6, 19:20-22 | Bilangan 15:22-28 | Ulangan 29:18-20 | 2 Taw 6:19-39, 7:14 | Matius 6:12,14, 18:35 | Markus 11:25-26

Sesudah Salib: Kis 13:38, 26:18 | Roma 4:7 | 2 Kor 5:18-19 | Ef 1:7 | Kol 1:14, 2:13 | Ibr 9:12,26 ; 10:10-12 | 1 Yoh 2:12

Lanjut; Gunakan waktumu hidup dengan bijak. Datang mendekat padaNya.

Part 3

Saya menyadari bahwa meski Yesus memiliki 12 murid, seringkali IA hanya membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dalam waktu waktu tertentu. Yohanes adalah satu-satunya dari ketiganya yang selalu tinggal tenang didalam Yesus dan melihat kasihNya dengan mata yang berbeda. Sungguh unik melihat Yohanes mendeskripsikan Yesus. (Baca Kitab Yohanes untuk melihat perspektifnya terhadap Yesus)

Kasihi sesamamu didalam alkitab, bukan berarti, “selama aku tidak menyakiti mereka..”. Kalimat itu mengandung undangan untuk bersikap positif, mengambil sikap untuk mengasihi mereka, mengambil langkah untuk mengasihi mereka.

Part 4

Apa gunanya mengatakan “Aku dibenarkan Allah melalui Kristus (I am the righteousness of God in Christ)? Karena kita tahu bahwa kita berdosa, kita menyadarinya, namun kita mengakui fakta yang lebih besar dari semuanya itu yaitu Bapa telah mengampuni kita melalui Kristus.

Keinginan Tuhan membawa Kasih KaruniaNya buat kita, Yesus sendiri. Sekarang Yesus sudah duduk di sorga karena dosa-dosa kita telah diampuni oleh karena karyaNya yang sudah selesai.

Datang mendekat kepada Tuhan, jangan diombang-ambingkan oleh apa yang kamu rasakan setiap hari. Kamu akan merasa lebih hidup saat kamu datang kepadaNya.

Kotbah pun ditutup dengan kesaksian oleh seorang pendeta muda bernama George dari Illinois.

Saya tumbuh sebagai anak seorang pendeta. Saya dibabtis ketika saya berusia 8 tahun, namun tidak memiliki pemahaman tentang Roh Kudus. Memasuki usia 15-28 saya terjerat dalam kebiasaan mabuk-mabukan. Saya menikah saat berusia 25 tahun; dan setelah 3 tahun pernikahan; istri saya memutuskan untuk meninggalkan saya sambil membawa bayi kami. Ia tidak bisa menerima gaya hidup saya.

Saat itu saya kembali kepada Tuhan. Saya mulai menonton acara destined to reign di televisi dua kali sehari, selama dua tahun. Secara tiba-tiba saya dapat berhenti dari kebiasaan mabuk-mabukan dan mengkonsumsi obat obatan serta obat anti depresi. Saya juga menerima karunia berbahasa Roh. 

Sejak itu saya mulai membagikan pesan kasih karunia ini kemanapun saya pergi, panti jompo salah satunya. Istri saya pun kembali kepada saya. Kami telah memiliki dua anak perempuan saat ini, masing masing berusia 7 dan 5 tahun. Terima kasih untuk pelayanan  kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s