Sunday Service

Tidak Malu dengan Injil Kristus (Not Ashamed of Gospel)

Minggu yang lalu kami baru saja menyaksikan rekaman kotbah Ps Prince pada acara Hillsong Conference di Sydney, 30 Juni 2015 lalu. Sejujurnya, ini adalah kotbah Ps Prince terpendek yang pernah kudengar selama 5 tahun terakhir sejak aku menjadi jemaat di gereja ini:

Area pertobatan yang diajarkan oleh Paulus dalam kitab Kisah Para Rasul adalah pertobatan yang terjadi secara terus menerus. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bertobat berasal dari kata Metanoia yang berarti perubahan pikiran.

Area pertama dalam hidupmu yang membutuhkan perubahan ialah pikiranmu. Pikiran baru yang harus kau kenakan: Tuhan ada di pihak kita, Ia tidak melawan kita.
(Ia Tuhan yang mampu menjawab lebih dari yang dapat kita pikirkan dan bayangkan)
Kemudian, Hidup benar adalah buah yang muncul dari perubahan pikiran tersebut.

Roma 1:16-17 | Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil,  karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. Sebab di dalamnya nyata   kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: Orang benar akan hidup oleh iman.

Keselamatan yang dari Tuhan bukan hanya berarti keselamatan dari lubang neraka, namun juga kesembuhan, kesejahteraan selama kita hidup.

Nama ‘Yesus’ berarti keselamatan.
Keselamatan yang berasal dari kata Sozo ini berarti: untuk menyelamatkan, untuk menolong, untuk menyembuhkan, untuk memulihkan, untuk membebaskan dan untuk mengamankan.
Itulah Injil Kristus yang dikotbahkan oleh Paulus secara radikal:
Kristus adalah Kasih Karunia buat kita. 

Tingkat kebencian Tuhan terhadap dosa ialah sama besarnya dengan tingkat kasihNya terhadap kita.

Oleh karena ketidaktaatan siapakah kita menjadi berdosa?
-Adam

Oleh karena ketaatan siapakah kita dibenarkan?
-Yesus

Apakah melakukan hal-hal yang baik ketika kita masih berdosa, dapat menghapus status kita sebagai orang berdosa?
-Tidak. Jika itu dapat menghapusnya, maka Yesus tidak perlu datang.

Tidak peduli seberapa banyak hal baik yang kita lakukan, kita tetap membutuhkan Yesus. Jika kita dapat menghentikan yang buruk dan melakukan hal yang baik dengan pikiran, perasaan dan perbuatan kita, tentu Tuhan Yesus tidak perlu datang.

Pada kenyataannya, orang masih dan akan dapat berbuat kesalahan meski ia telah menjadi orang percaya, mungkin tidak didepan orang, tetapi mungkin saja dibelakangnya?

1 Yohanes 4:17 | Dalam hal inilah kasih Allah sempurna  di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.

Orang-orang diubahkan dari dalam keluar, ketika mereka memandang dan melihat kepada Yesus, bukan kepada hasil usaha mereka sendiri. Ketika mereka memandang, melihat dan mengamati/fokus kepada Kristus, mereka diubahkan dari kemuliaan kepada kemuliaan.

Kisah Para Rasul 13:38-44 | Ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa. Karena itu, waspadalah, supaya jangan berlaku atas kamu apa yang telah dikatakan dalam kitab nabi-nabi: Ingatlah, hai kamu penghina-penghina, tercenganglah dan lenyaplah, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu, suatu pekerjaan, yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan kepadamu.”Ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Setelah selesai ibadah, banyak orang Yahudi dan penganut-penganut agama Yahudi yang takut akan Allah, mengikuti Paulus dan Barnabas; kedua rasul itu mengajar mereka dan menasihati supaya mereka tetap hidup di dalam kasih karunia Allah. Pada hari Sabat berikutnya datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar firman Allah.

Pelajarilah kitab Galatia. Biarkan Roh Kudus yang memberikan pengertian kepadamu tentang pengampunan dan pembebasan dari dosa.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s