Monday Thoughts

Seberapa Sesatkah Joseph Prince?

Beberapa orang menunjukkan keprihatinan saat mendapati aku pindah ke New Creation Church dengan Pdt Joseph Prince didalamnya. Aku bisa membaca itu dari raut wajah mereka tanpa harus menunggu kata-kata terluncur dari mulut mereka. Ajaran yang ditekankan Pastor Prince soal kasih karunia membuat kegoncangan yang tidak kecil efeknya di dunia kekristenan. Seberapa sesatkah Pastor Prince sampai aku mau terjerat kesana?

Tahun 2009 aku mendatangi New Creation Church yang kala itu masih berada di The Rock Auditorium-Suntec. Aku tidak pernah mendengar tentang gereja ini sebelumnya, melihat Pastor Prince diatas panggung dengan pakaian serba hitam dan wajah mirip pemeran vampire (Stefan Salvatore di The Vampire Diaries) membuatku mempertanyakan kewarasan teman yang mengajakku kesini. Aku berusaha untuk mengabaikan setiap kalimat yang diucapkannya karena hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah kudengar dan kupelajari selama 10 tahun menjadi orang Kristen.

Awal tahun 2010, saudaraku datang ke Singapore untuk mencari pekerjaan dan aku mengajaknya pergi ke gereja yang saat itu menjadi rumah rohaniku. Ia berkata bahwa ia sedang mengalami kekeringan rohani dan membutuhkan gereja yang tidak sedang berfokus ke pembangunan Rumah Tuhan. Aku menceritakan padanya soal New Creation Church yang digandrungi salah seorang temanku lalu membawanya kesana, dan ia berkata bahwa ia tertarik dengan New Creation Church. Jadilah kami menemani satu sama lain setiap minggu, ia menemaniku ke gereja di waktu siang dan aku akan menemaninya ke NCC di kebaktian malam.

Seperti biasanya aku selalu tidur di kebaktian malam NCC, sambil tidak sabar menunggu waktu makan malam setelah kebaktian. Itulah yang terjadi setiap minggu sampai suatu ketika, aku tidak bisa tidur dan terpaksa mendengar Pastor Prince berkotbah. Hari itu aku tidak mengabaikan kotbahnya, ia mengatakan sesuatu yang pas dengan kondisi rohaniku yang juga sama keringnya dengan saudaraku namun kuabaikan. Aku sadar bahwa lima tahun terakhir, kondisi rohaniku benar-benar sudah dibilang menuju koma karena tidak ada pertumbuhan bahkan semua kegiatan yang kulakukan adalah rutinitas belaka.

Aktivitas pelayanan, doa syafaat/doa pagi, pedalaman alkitab, mengajak orang-orang ke gereja (menuai jiwa-jiwa), membantu orang-orang yang kesusahan – yang selama ini kulakukan untuk mengatasi kekeringan rohani di dalam diriku memberikanku sedikit sukacita namun tidak banyak membantu.

Pastor Prince membagikan dua hal:
a. bahwa aku diselamatkan karena kasih karunia dan keselamatan itu dipertahankan juga dengan kasih karunia, bukan kerja kerasku sendiri
b. bahwa condemnation (rasa bersalah, rasa terkutuk, rasa terhukum) itu membunuh

Dan aku menjadi sadar akan akar permasalahan yang telah terjadi selama 5 tahun belakangan ini. Ternyata itu adalah rasa condemnation yang membuatku melakukan begitu banyak aktivitas supaya aku bisa jadi layak lagi dihadapan Tuhan seakan harga yang dibayarkan Tuhan Yesus itu terlalu pas-pasan. Pastor Prince mengajarkan bahwa harga yang dibayar Tuhan Yesus di kayu salib itu melebihi hutang dosa yang kumiliki. Mendengar hal itu, rohku seakan terlepas dari cengkeraman yang menyesakkan dan damai sejahtera mengalir di hatiku. Pakaiannya boleh serba gelap, tapi justru kotbahnya memberikanku terang.

Saudaraku memutuskan untuk pulang ke Indonesia setelah berusaha mencari pekerjaan disini selama 3 bulan dan belum mendapatkan pekerjaan yang cocok, aku pun menguatkan niatku untuk pindah secara permanen ke gereja ini meski itu berarti sendirian. 5 tahun sudah berlalu sejak aku pindah kesini, Apakah aku menyesalinya?
Tidak. Tuhan punya alasan mengirimkan saudaraku ke Singapore selama 3 bulan, mengajakku ke gereja yang sebelumnya ku kategorikan ‘agak sesat’ ini dan membuatku bangkit dari koma rohani dengan pengharapan yang baru.

Apakah aku menjadi pribadi yang cuek, malas dan sengaja berbuat dosa dalam keseharianku, karena ajaran kasih karunia itu?
Aku rasa, tidak ada perubahan yang ekstrim sampai seperti itu.

Memang saat aku melakukan kebaikan/giat-giatnya, aku tidak lagi merasa bangga/cukup baik seperti sebelumnya. Saat aku melakukan kesalahan, aku tetap meminta maaf kepada orang yang dirugikan (jika ada) dan juga berdoa-curhat kepada Tuhan tanpa dicengkeram/terikat rasa bersalah yang tiada habisnya.

Aku disadarkan bahwa kebaikanku tidak akan menambah kasih karunia Tuhan dan kekuranganku juga tidak akan mengurangi kasih karunia Tuhan. Aku adalah manusia biasa yang bisa berubah-ubah namun Tuhan tetap konstan. Begitu banyak hal yang kupelajari di gereja ini dan sejujurnya aku tidak merasa ada salahnya jika ia mengajar soal kebaikan, kasih, kemurahan, kekuatan, kemenangan, kasih karunia Tuhan.

Intinya, keintiman dengan Tuhan tetap menjadi perjalanan pribadi masing-masing dengan Tuhan dimanapun gerejanya dan siapapun pendetanya.

Advertisements

40 thoughts on “Seberapa Sesatkah Joseph Prince?

  1. Terkadang kita tidak tau,disaat kita ngerasa semua biasa Aja, disitu roh kudus bekerja,soal kasih karunia,Klw kita secara manusia berfikir,kok semudah itu pengampunan,jadi seenaknya berbuat dosa lagi,itu yang salah,Ternyata kasih karunia itu setelah kita Trima Perubahan besar terjadi,
    Pastor Prince membagikan dua hal:
    a. bahwa aku diselamatkan karena kasih karunia dan keselamatan itu dipertahankan juga dengan kasih karunia, bukan kerja kerasku sendiri
    b. bahwa condemnation (rasa bersalah, rasa terkutuk, rasa terhukum) itu membunuh

  2. Pastor Prince membagikan dua hal:
    a. bahwa aku diselamatkan karena kasih karunia dan keselamatan itu dipertahankan juga dengan kasih karunia, bukan kerja kerasku sendiri
    b. bahwa condemnation (rasa bersalah, rasa terkutuk, rasa terhukum) itu membunuh
    =======================================================

    Pastor Prince itu 100% sesat..

    untuk poin A… kita semua tahu dari Efesus 2:8-9… ini bukanlah RAHASIA… tetapi setiap orang yang membaca Alkitab tahu akan ini.. KECUALI anda tidak rutin membaca firman Tuhan..ya kalau mendengar ini akan terdengar sebagai suatu wahyu yang luar biasa.. padahal dia hanya menyampaikan apa yang tertulis di alkitab… ini BENAR dan TIDAK ADA MASALAH.

    dari poin A ini Prince kemudian mulai memutar balik seluruh perjanjian baru.. dimana jika ada hukuman dan peringatan akan disebut sebut LAW… jika ada kasih, pengampunan, yang baik baik terdengar akan disebut GRACE (ini adalah teori dia sendiri)

    nah jika anda mau MENJADI setiap Prince dan terkenal.. mudah saja.. cukup ucapkan poin poin dimana Tuhan mengasihimu, Tuhan tidak akan menghukum kamu, Tuhan tidak akan pernah menegur, Tuhan tidak akan mau kamu sakit/miskin/menderita.. dan yang manis manis enak di dengar.

    kemudian SENSOR dan putar balik ayat ayat dimana ada peringatan.. ada perintah memikul salib.. perintah menjauhi dosa.. perintah untuk ikut menderita bagi Kristus, perintah kalau kita tidak menjaga kekudusan dan keselamatan maka kita BISA hilang keselamatan dan masuk NERAKA..

    pendeta ini MENUTUPI KEBENARAN (berdusta) atau MEMANG DIA TIDAK TAHU KEBENARAN (bodoh) sehingga harus melakukan pengajaran yang menuntun orang orang ke neraka.

    Suatu test apakah ini ajaran sesat dan tidak alkitabiah adalah seperti ini:

    1. Apakah sekali selamat, pasti tetap selamat selamanya?

    SESAT: YA kalau sudah selamat pasti selamat, apapun yang kau lakukan (berzinah, berjudi, berbohong, menyembah berhala, menjadi gay, DLL) tidak penting karena sudah ditebus semua oleh Yesus…

    KEBENARAN: TIDAK, walaupun kita manusia hidup tidak luput dari dosa, TETAPI ADALAH KEWAJIBAN KITA SEBAGAI MURID YESUS YANG SUDAH DITEBUS UNTUK HIDUP KUDUS DAN MENJAUHI DOSA SELAMA KITA MASIH BERNAFAS. Karena jika kita tidak menjaga keselamatan dan tidak berusaha hidup kudus, MAKA keselamata hilang, karena Tuhan melihat HATI manusia tersebut.. apakah ada niat untuk berusaha dan berjuang atau cuek saja dan tidak mau melawan dosa.

    2. Apakah benar semua dakwaan itu dari iblis?

    SESAT: YA.. semua yang buruk buruk itu dari iblis, jangan dengerin peringatan atau teguran yang ada di dalam hatimu (WALAUPUN BARU SAJA ANDA SELINGKUH, BOHONG, MENIPU, MARAH, dll)

    KEBENARAN: TIDAK.. jika kau baru saja berbuat DOSA…. pasti ada TEGURAN DARI ROH KUDUS, dan TUDUHAN DARI SETAN.. ini wajar karena kau sendiri telah berbuat dosa. TETAPI yang Tuhan inginkan adalah pertobatan, mengakui dosa dan JANGAN MENGULANGINYA LAGI… maka itulah bagaimana pengampunan dosa bisa di dapatkan. JIKA SETELAH KAU minta ampun dengan Darah Yesus dan sungguh sungguh bertobat maka setelah itu.. yang ada adalah tuduhan dan dakwaan… Roh Kudus akan menegur untuk menjauhi dosa dan menegur ke arah pertobatan dari dosa. JIka setelah bertobat sungguh sungguh tetap masih ada rasa bersalah, maka tuduhan itu dari si jahat..

    3 Apakah semua orang percaya Yesus pasti selamat dan masuk Surga?

    SESAT: YA, walaupun kau hidup tanpa melakukan firman, tidak bertobat dan melakukan dosa, yang penting sudah percaya dan menerima Yesus. yang penting Percaya percaya percaya sudah cukup.

    KEBENARAN: TIDAK, Walaupun sudah percaya Tuhan Yesus tetaplah KEWAJIBAN kita untuk hidup kudus, melakukan kehendak Allah, melakukan firman-Nya, hidup intim, menjauhi dosa, hidup dalam pertobatan dan menghasilkan buah buah roh. Jalan ke Surga itu sempit dan sesak bukan jalan yang lebar.

    Biasanya orang akan mengatakan begini, ah kamu menghakimi atau membenci Prince.. 100% TIDAK TERTARIK MENGHAKIMI tetapi ingin MEMBONGKAR AJARAN PALSU YANG MENUNTUN JIWA JIWA KE NERAKA…

    kalau prince mengajarkan sesuai alkitab.. saya tidak ada bahan sama sekali untuk menentang dia.

    Tetapi ya begitulah orang ini sudah banyak fansnya sehingga mereka dibutakan lebih percaya dia (yang pakai nama asli lahirnya saja tidak), daripada firman Tuhan murni dari alkitab.

    KALAU ANDA INGIN CEK APAKAH YANG SAYA KETIK ITU BENAR ATAU MUNGKIN JOSEPH PRINCE YANG BENAR.

    Silahkan cukup baca injil Matius, Lukas, Markus, Yohanes berkali kali kali.. lihat apakah sifat Tuhan Yesus itu sama dengan apa yang Prince ajarkan.

    Ingat, Salah satu bentuk kasih adalah menegur jika seorang berbuat salah. Shalom

    1. 1. Memang gaya ngomong kamu menghakimi
      2. Aku denger 365 kotbah Pastor Prince selama di sini, dan jd ngerti gambaran keseluruhan yang dia maksud. Dia ga pernah encourage org utk hdp dlm dosa kok, apalagi kalo dah msk tim pelayanan tp mase sleep around before marriage with random ppl atau ngobat atau selingkuh ama laki orang, ga mgkn ga dicounsel juga? Kalo kamu denger cuma sepotong sepotong mana mgkn kamu bener2 liat big picture. Kamu kaya cuma ngeliat beberapa potongan puzzle yang ga lengkap dan nebak gambaran keseluruahannya apa.
      3. Utk reply poin2 kamu, Ps Prince ngajar kalo perubahan itu dari dalam keluar, metanoia (change of mind), yang bs didapat dengan berjalan intim dengan Tuhan dan Roh Kudus sama terus mengisi diri dengan Firman Tuhan. Karena dari change of mind, kita jadi believe right dan kemudian live right. Anak anak Tuhan ga mgkn betah hidup dalam dosa.

      1. Tidak ada satu pendetapun yg mengajarkan dosa. Yang kita diskusikan adalah apakah setelah berdosa perlu BERTOBAT
        Prince bilang tidak perlu karena sudah selamat. Alkitab tidak setuju.
        Memang anak Tuhan yg baik pasti tidak ingin berdosa semua juga tahu.
        Kita ingin tahu.. apakah seorang (yang level rohaninya BELUM sampai sedemikian. Karena tidak mungkin semua orang percaya langsung 100% suci) kita berbicara tentang orang yang anggap saja baru menerima Tuhan. Orang awam tersebut akan masih melakukan dosa2nya tetapi merasa tidak perlu bertobat karena sudah diampuni. Inilah FATALnya karena jiwa orang tersebut akan ke neraka jika tidak bertobat.

      2. Kamu coba learn “metanoia” yang aku reply diatas dari etimologinya. Karena alkitab kan ditulis aslinya bukan pake Bahasa Indo, memang kosakata Bahasa Indonesia cukup terbatas untuk menerjemahkan ini. If metanoia itu sama dengan “pertobatan” yang kamu maksud, then you and Ps Prince are already in the same page. 🙂 Cuma beda approach aja, karena dia menekankan fokus ke perubahan dari dalam keluar dibanding fokus ke penyesalan.

      3. Saya sudah dengar khotbah itu.. dia mengejek pendeta2 yang mengkhotbahkan pertobatan seolah2 kuno dan dia lebih baik. Faktany adalah dia membalik2an alkitab supaya versi karangan dia itu benar. Daripada panjang lebar cukup tanya satu pertanyaan yg di atas . Apakah setiap orang percaya terima Yesus akan masuk ke surga tanpa terkecualian ? Tanpa berkelit panjang lebar JP mengajarkan YA.. sekarang silahkan baca perjanjian baru bandingkan sendiri yang mana yang BENAR yg mana yang salah. Tidak perlu permainan kata2 seperti JP

      4. Pertanyaan kamu aneh. Di Alkitab kan udah ditulis (Yohanes 3:16, Yohanes 10:27-29), orang yang menerima Yesus sebagai juruslamat pribadi, dosa-dosanya sudah diampuni dan dapat keselamatan. Meski aku ga baca alkitab siang dan malam, itu omongan nemplok di banyak tempat deh di Alkitab.
        Saya setuju bahwa kita memang harus menguji apa yang disampaikan pendeta dengan Firman Tuhan sendiri bukan telat bulat-bulat. Pendeta kan manusia juga, bukan orang yang sempurna. Tapi dimananya yang salah sih dari point 1 diatas? Kok kamu malah kaya ga rela begitu, orang percaya diselamatin? Inget lagunya Jeffrey S Tjandra “Ku telah mati dan tinggalkan cara hidupku yang lama, semuanya sia-sia dan tak berarti lagi.” Orang yang terima Tuhan secara genuine kan ngalamin fase ini pastinya. Roh Kudus works, man.

      5. Saya berikan contoh kasus2 pendeta jatuh narkoba, selingkuh, merampok jemaat dll.. apakah pendeta itu percaya Yesus? Yes. Apakah pendeta itu sudah di selamatkan? Yes ketika dia menerima Kristus TETAPI jika dia tidak bertobat (stop, minta ampun dan tidak melakukannya lagi) maka keselamatan dia bisa hilang dan masuk neraka. Oleh karena itu ada namanya proses sanctification setelah menerima Yesus (justification). Selama kita hidup kita harus berjuang (dibantu Roh Kudus) untuk mengalahkan dosa dan menjadi serupa dengan Kristus (tanggung jawab ada pada kita). Dengan asumsi ada orang yang menerima Yesus, tidak melakukan dosa dan suci kemudian melakukan firman full ya sangat baik puji Tuhan…tetapi kenyataannya adalah lebih banyak jemaat itu seperti pendeta di atas (ini hanya contoh loh) jadi ketika JP mengsensor tidak mengajarkan perlu bertobat dan hidup kudus .. orang rata rata akan asumsi tidak apa kalau berdosa karena saya sudah diampuni.. (sebenarnya yang benar adalah: aduh saya sudah berdosa, ampuni saya Tuhan, kemudian janganlah mengulangnya kembali).. semua ini jelas di alkitab tidak perlu suatu guru dari singapur seolah2 ada hal baru.. alkitab sudah dibaca dan dipraktekan ribuan tahun tiba tiba muncul seorang pendeta seolah2 ada ajaran baru.. sama sekali tidak baru.. yang dia lakukan adalah memberi tahu yang baik baik saja sesuai dengan pendapatnya. Sekali lagi saya ulangi.. marilah kita semua tubuh Kristus lebih membaca firman Tuhan supaya tahu yg benar dan yang salah… karena setiap dari kita berhak disinari oleh kebenaran injil Kristus dengan Roh Kudus tanpa pencemaran pemikiran2 manusia.

      6. Pelajari injil bahasa indonesia.. setelah itu kita ke bahasa lain.. 😊 semua alkitab itu isinya sama.. tidak ada rahasia.. perubahan pikiran? Ga usah buka kamus yunani.. ada di roma 12:2 bahasa indonesia, inggris, mandarin, russia, jerman semua ayatnya sama ada tentang pikiran baru.

    2. Anyway, kalo kamu tau bible very well, good for you. Me personally still have lots to learn, good for me. Sometimes the passages i read might not get into me until certain events, untuk komenmu yang “setiap orang yang membaca alkitab tahu akan ini, kecuali anda tidak rutin membaca Firman Tuhan”. 😉 peace.

      1. Benar saudaraku.. saya tidak lebih hebat atau pintar tetapi sudah baca dan tahu yg mana benar dan salah.. jauhi khotbah dan buku JP dan TEMPEL Alkitab untuk mendapatkan kebenaran murni. God bless

      2. Kalo kamu mau lebih genuine dan semangat lagi, pelajari alkitab dari bahasa aslinya juga dengan tuntunan Roh Kudus. Kita gak boleh menjelek jelekan hamba Tuhan, meski ga sejalan. Refer ke apa yang dishare Gamaliel bilang di kitab Kisah Para Rasul 5:38-39.

      3. Buat apa saya mengejek JP? Saya tidak tertarik tampang atau kehidupannya pribadi. Tetapi yang dia ajarkan itu bahaya dan sesat! Coba baca 2 tim 3:16… kalau ada yang salah itu kita tegur atau bongkar karena kita adalah Tubuh Kristus.. kita harus taat dan melakukan firman Tuhan murni daripada pengajaran manusia. Sekali lagi akan saya bilang. Coba baca sendiri injil dan perjanjian baru kau akan menemukan kebenaran.. jika yg dikhotbahkan JP itu sesuai firman Tuhan .. apa dasarnya kita menegur ajarannya? Sekali lagi saya tekankan ini diskusi ajaran bukan masalah pribadi.

      4. Ya sudah ya, udah malam. Kita ini tubuh Kristus, saudara seiman, nantinya bakal tinggal di surga bareng2 tetangga-an. Ngapain berdebat panjang online begini. Take care, Goodnight.

      5. Dan jujur.. jika saya tidak baca alkitab.. dan saya hanya tahu ajaran JP mungkin saja saya setuju dengan dia… tapi faktanya adalah setiap pengajaran harus diuji dan di cek apakah itu benar firman yg disampaikan.. atau hasil editan pendeta tersebut.

      6. Dengan berkata seperti itu, kamu seakan mengecap 30,000 orang yang datang ke NCC itu orang-orang yang tidak pernah baca alkitab, bodoh, ga ada tuntunan Roh kudus, ga bs menguji Firman Tuhan, dengan pengetahuan lebih cetek dari kamu dong? Impossible lha..

      7. Jangankan NCC.. milyaran umat katolik juga tidak pernah baca alkitab dan terpaksa doa maria dan sembah pating.. saya hanya bilang mari kita uji setiap yang pendeta katakan dengan firman Tuhan. Jangan asal percaya manusia manapun dan semanis apapun mulutnya.

      8. Jangan bawa-bawa atau menjelekkan orang-orang Katolik. Didalam setiap agama (apapun), pasti ada kumpulan jemaat yang “ngejalanin bener-bener”, “ngejalanin setengah-setengah”, “ngejalanin bener-bener tapi masih bingung-bingung”, “ngejalanin rutinitas tapi udah ga ada hati”, “ada hati tapi ga mau ngejalanin”, “lebih mentingin duniawi, licik-licik dikit gapapa yang penting untung”, “pencitraan”, “ngejalanin demi amanat ortu”, “ngejalanin demi pasangan” dan banyak kategori lainnya. Tapi itu toh perjalanan hidup masing-masing orang. Tangan Tuhan ga kurang panjang untuk menjamah dan menyentuh orang-orang yang bingung, udah ga ada hati, dan lain lain ini.

        Kalau kamu ngerasa pengertian kamu yang paling benar dan orang lain salah ya mbok coba tulis buku, berkotbah dan jadikan semua bangsa murid Tuhan. Buat aku, action speaks louder than words. Yang aku witness didepan mata aku selama di sini 6 tahun adalah:
        Banyak temen-temen yang udah kering/backslide dipulihkan
        Banyak temen-temen sepelayanan yang haus dan lapar akan Firman Tuhan, tulis lagu cinta manis juga buat Tuhan
        Banyak anak-anaknya temen yang tadinya lemah di sekolah, eh jadi tambah pinter semakin ortu-anak berjalan makin deket ama Tuhan
        Beberapa orang di pelayanan hatinya penuh kasih alias baik banget, ga mikirin untung-rugi ke diri sendiri. Somehow, mengingatkan ama Tuhan Yesus punya unconditional love.
        Banyak banget yang kesaksian disembuhkan mulai dari sakit-penyakit sampe kegilaan, hubungan keluarga disfunctional juga dipulihkan.

        Kalo Tuhan ga berkenan, kenapa 5 hal ini bisa terjadi terus-menerus coba? Buat aku, kalo bukan Tuhan dan Roh Kudus – it’s impossible, man!

      9. Tuhan memberikan karunia entah menyembuhkan, bernubuat , bahasa roh dll.. itu adalah tanda dan karunia diberikan untuk memperlengkapi gereja. Tetapi karunia BUKANLAH jaminan karena alkitab tertulis banyak nabi nabi palsu dengan berbagai macam mujizat.. (saya tidak mengatakan semua karunia itu nabi palsu. Tetapi ada yang asli ada yg palsu) satanist pun bisa masuk gereja dengan bahasa roh. Kalau kita mengukur berdasarkan mujizat maka ada banyak sekali gereja yang tidak sesuai firman, merampok jemaat, dll tapi bisa mujizat.. itu namanya menyalah gunakan karunia. Ini real dan terjadi di seluruh dunia termasuk indonesia. Sekarang kita bahas cuma simple. Ingin ikut firman Tuhan atau ikut manusia ..walaupun manusia tersebut secara duniawi baik.. tetapi tetaplah harus di cek dgn firman Tuhan kalau tidak di cek bagaikan motivator terkenal saja yang mengajarkan berpikiran positif, ngomong enak dan manis dan terkenal banyak fans. Saya balik ke poin utama selalu. Coba bandingkan alkitab dgn buku JP.. kalau bisa baca lebih banyak alkitab cukup perjanjian baru. Biarlah orang yang haus akan kebenaran mendapatkannya murni dari firman. Kalau JP berkhotbah sesuai alkitab.. umat Kristus tidak akan repot2 menegur ajarannya. Tetapi karena yang dia ajarkan itu berbahaya secara rohani dan menyimpang dari alkitab maka oleg karena itu kita koreksi.. kalau tidak percaya saya juga tidak mau ketik ulang ulang.. intinya mau percaya Yesus dan firman (murni) atau JP…. saya tidak bilang saya paling benar atau aliran apa paling benar.. tapi firman Tuhan hikmatnya jauh melebihi JP (yang pakai nama aslinya sendiri saja tidak) oleh karena itu yg saya bilang kepada anda dan teman2 saya selalu sama.. mari sama2 baca firman supaya kita tahu yg mana benar atau salah.

      10. 😅 Jelas jelas JP kotbahnya dari Firman Tuhan bukan karangan dia sendiri. Saya juga cape ngetiknya. Ngomongan kamu yang terakhir jadi muter2 makin ga jelas gini.

      11. Kalau anda belum baca firman mana anda tahu yang mana yang benar atau salah? Kalau saya buat suatu aliran sesat dibungkus nama Yesus dan alkitab. Apa anda yakin bisa tahi bedanya? Anda tahu ada ajaran kalau Bapa dan Yesus itu makhluk planet lain? Dan aliran ini ada jutaan member dan hidupnya jauh lebih mengasihi dan suci daripada kristen rata rata? Saya tidak sehebat JP muter2nya. Simple aja.. baca firman Tuhan lebih banyak kemudian bandingkan dengan khotbah/buku JP.

      12. Jelas jelas kebanyakan dari kita disini juga baca Firman. Ini abad 21, Alkitab itu bisa diakses dimana aja dan kapan aja. Kesannya anda doang yang punya alkitab and paling know-it-all 😂

    3. Loe menghakimi dengan keyakinanmu yang salah… Bukankah perjanjiannya yang baru itu benar karena telah dimeteraikan dengan darah-Nya? Loe tau apa itu meterai dalam perjanjian??? Perjanjiannya tidak pernah batal… Kena apa???? Dia sudah taruh Roh Nya dalam kita… Sehingga ketika kita percaya dan menerima Roh-Nya, Roh itu juga yang menaruh hukum-hukumNya dalam akal budi kita dan menuliskan-Nya dalam hati kita…. Hati kita diubahkan, jadi sekalipun kita punya kehendak bebas…. Namun sesungguhnya tidaklah benar benar bebas, sehingga janji-Nya ya dan amin bahwa siapapun tidak bisa merebut kita dari tangan-Nya…. Artinya orang percaya memiliki bidup kekal mulai sekarang sampai selama lamanya…. Haleluyah…
      Kalian gampang sekali menghakimi tanpa melihat secara utuh bangunan keyakinan orang lain…
      Tidak salah kalau Tuhan mengatakan bagaimana melihat penyesat itu adalah apakah dia menyangkal Yesus yang adalah Kristus atau tidak… PS Prince malahan terlalu fokus pada Keistus dan karyanya yang sudah selesai di atas kayu salib…
      Kedua bahwa kita diminta untuk melihat buahnya… Buah buah Roh dalam hidup seseorang…
      Dalam kasih karunia, larangan dan perintah yang tertulis dalam alkitab itu malahan rasanya seperti peneguhan bagi kita yang hidup baru… Bukan karena ada perintah dan larangan itu yang menjadi dasar dalam bertindak, tetapi Kristuslah yang melakukan bagi kita melalui dorongan hati nurani yang diperbaharui-Nya…. Haleluyah…

    4. Apa yg dia ajarkan oleh Joseph Prince .. itu adalah INJIL KRISTUS. Gereja sekarang ini mayoritas mengajarkan Injil yg lain “Gal 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain”. Ini adalah injil yg Legalistik, campur aduk.
      INJIL KRISTUS berpusat pada YESUS dan Karya Salip-NYA.
      Surat-surat Paulus banyak menekankan kehidupan yg didalmnya Yesus berdiam …

    5. Saudaraku, bagaimana cara kamu menjaga kekudusan, standar apa yang kamu pakai bahwa kamu kudus? Sedangkan hidupmu sudah tidak kudus lagi (dosa)? Bagaimana kamu bisa dengan enteng berkata bisa melakukan kehendak Tuhan, berbuah dengan kekuatanmu? IMPOSSIBLE. Hanya YESUS yg sanggup melakukannya untuk kita. BERTOBAT berarti mengubah cara berpikir kita bahwa YESUS SUDAH SELESAI MENGERJAKANNYA BAGI KITA DI GOLGOTA. Untuk itulah DIA mati.
      Apa yg kamu samapikan semua kiblatnya dari Hukum Taurat.
      Dan YESUS sudah menggenapinya. Karena tidak ada yg bisa selamat dengan melakukan Hukum Taurat. Menjadi sia-sia kematian YESUS jika kamu berpegang pada Hukum Taurat.
      Biarlah Roh Kudus menjelaskan lebih kepadamu…
      IMMANUEL

  3. HIi
    saya juga jemaat NCC wkwkwkwkwk
    kadang kadang manusia itu ribet yak…Tuhan Yesus mati dikayu salib ganti dosa dosa kita yg busuk, tetapi kita selalu berasanya, kita harus lakuin sesuatu biar keliatn lebih layak….
    Padahal pas kita terima Tuhan Yesus, terima kasih karunianya, maka baca alkitab, pelayanan, perubahan akan terjadi dalam hidup kita 🙂
    buat saya om JP membantu saya melihat bahwa saya layak, layak bgt duduk bareng, curhat bareng, dimaafkan and feel enjoy with HIM, kaya best friend.
    Saya bingung kasih karunia yg dbagi gratis aja manusia komplen n bikin ribet hahahahha…..
    Manusia……..
    Sori kita jgn saling menghakimi siapa yg lebih benar, buat saya selama sebuah gereja mengajarkan Firman Tuhan and NgeTopin Tuhan kita Yesus Kristus.
    sah sah sajah………
    Tuhan Yesus memberkati :):):)
    Salam peace bt saudara saudara seiman.
    Jadilah terang and biar terangnya itu memperlihatkan Tuhan kita Yesus Kristus.
    Shalom…….

  4. ha haa ,kalau yang ga mau percaya kasih karunia itu membuat anak Tuhan berjalan kearah yang baik,ya biarkan,ehh siapa tahu dia memang mau meraih keselamatan dengan usahanya sendiri,
    dan jadi org kristen ya jangan mudah tersinggungan,,
    upah dosa maut,kekuatan dosa adalah taurat (taurat itu si Tuan maha sempurna) terus apaah kasih karunia lebih rendah dibanding dgn taurat ohh tidak org yang hidup di bawah kasih karunia akan menghasilkan buah buah kasih,,
    dosa yg turun dari adam telah dikalahkan oleh penebusan yesusha haaa tetap semangat dalam Tuhan deh

  5. Yg terbaik adalah jika kita bisa mengenal Tuhan lebih dalam melalui persekutuan kita dan tetap dalam jalan yg terbaik yg Tuhan inginkan bagi kita. Amin😂

  6. Yg saya lihat dari semua kotbah2 Ps Prince adalah THE REVELATION ABOUT CHRIST, disingkapkan semua dari perjanjian lama dan baru. Kata Ps Prince: the more you know Christ, the more you interest in holiness . You will not interest to do sin anymore. You will become holy by accident.

  7. Ps prince mengajarkan bahwa teguran datang dari Tuhan untuk mendidik, supaya orang sadar YESUS bukan sadar DIRI( ini kata Paul Ellis), dan saya coba tambahkan bukan rasa condemnation yang membuat kita merasa terbunuh, tapi ketika kita hanya memahami condemnation sebagai solusi untuk menyelesaikan perbuatan dosa kita tanpa menyadari bahwa rasa condemnation yang sebenarnya mengarahkan kita pada penebusan Kristus di kayu saliblah yang menjadi solusi atas dosa kita bukan rasa bersalah kita.

    saya coba ibaratkan:

    saya punya utang 5M, saya miskin gak mampu bayar. tapi selama ini saya mencoba sekuat saya seakan saya mampu bayar utang ini. akhirnya pada kenyataan saya memang gak sanggup bayar. lalu ada teman saya yang sangat baik dan menyayangi saya, dia bayar lunas plus bunga utang saya. Pertanyaannya memang sikap saya harus menyadari saya salah dan saya adalah orang yang gak bisa bayar utang? ya perlu karna kita harus sadar kalau kita gak mampu bayar. tapi yang jadi masalah kalau kita mengekspresikan rasa malu kita ke sahabat kita seakan akan kita merepotkan dia sampe harus bayar utang. kenyataannya memang sudah dibayar lunas,jadi jangan sekan akan utang budi gitu loh. ermintaan maaf kita gak akan mampu mengganti harga utang yang tlah dibayar sahabat kita. kalau kita menekankan terus di hal ini berarti ada kecenderungan kita sombong karna merasa penebusan yang dilakukan terkesan merendahkan martabat kita.Manusia kadang memang lebih suka merendahkan dirinya sendiri dengan prinsip merendahkan diri agar tidak direndahkan duluan seperti : “aduh maaf ya teman saya memang miskin gak mampu bayar utang bla bla bla dll”
    padahal sikap bersalah harusnya berhenti dalam pribadi kita saja bukan untuk tekankan ke pribadi lain. Ekspresi pengucapan syukur dan ucapan terima kasih yang tiada henti lewat melakukan perbuatan baik murni hasil pengucapan syukurlah yang lebih menyenangkan hati Tuhan ketimbang merendahkan diri hari ini karna merasa bersalah trus besok ngutang lagi dan minta maaf lagi.

    ada kata kata bijak bilang ” lebih baik mengucapkan terima kasih daripada meminta maaf”

    karna kata maaf menekankan pada solusi atas perbuatan yang kita lakukan
    tapi terima kasih menekankan atas solusi yang telah Yesus berikan

    shallom.

  8. Saiya dari kecil membaca Alkitab. Sampai dewasa. Saiya baru ngeh ketika ps JP menjelaskan PL PB secara terpisah. Karena selama ini saiya selalu mencampur adukan PL PB yg malah bikin puyeng. Ketika PL PB dijelaskan secara terpisah, semua jd terang benderang……. semua tentang Kasih Yesus. Bukan tentang manusia………
    Selama Yesus Kristus mnjd pusat nya, tidak ada penyesatan didalamnya.
    Dasyat DIA dan Roh Kudus didalam kita. Haleluyaa……..
    Saran saiya, lepasin dulu cap Ps JP sesat. Pelajari Alkitab sungguh2 pasti TERBUKA, kl mmng pengen tau kebenaran yg sesungguhnya. BTW saiya jemaat GBI. Bkn NCC. Tapi saiya sependapat dgn NCC.

  9. Syalom…saudara2 seiman..khotbah JP tidak satupun mengajarkan untuk hidup dalam dosa…yg diajarkan adalah Jesus Kristus dan karya Nya yg sempurna dikayusalib bukan Yesus Kristus lain…dan banyak orang yg mengalami pertobatan sejati dengan mendengar khotbahnya termasuk saya…sekarang saya dapat mengasihi Tuhan dan sesama dengan segenap hati …kerena Tuhan Yesus menaruh hukumNya Ibrani 8:10..Jadi janganlah menghakimi…lihat buahnya…saya bukan NCC.Tuhan Yesus Memberkati.

  10. Apa yg dia ajarkan oleh Joseph Prince .. itu adalah INJIL KRISTUS. Gereja sekarang ini mayoritas mengajarkan Injil yg lain “Gal 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain”. Ini adalah injil yg Legalistik, campur aduk.
    INJIL KRISTUS berpusat pada YESUS dan Karya Salip-NYA.
    Surat-surat Paulus banyak menekankan kehidupan yg didalmnya Yesus berdiam barulah menghasilkan perbuatan baik dll. Jadi perbuatan baik, moral bukan dihasilkan oleh kita tapi karena Yesus yg berdiam didalam kita. Hari-hari ini sudah banyak hamba Tuhan yg Tuhan pakai untuk membritakan INJIL YESUS KRISTUS, jadi bukan hanya Joseph Prince saja. Karena memang INJIL harus di murnikan. Hujan Awal dan Hujan Akhir berbicara tentang INIL KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN.

  11. @site admin: terlepas dari pandangan teologis mengenai ajaran joseph prince, apa penjelasan mengenai terobosan-terobosan yang sama alami dalam hidup setelah “menjalani” ajarannya?
    Semenjak saya memahami kasih karunia yang sebenarnya, bukan yang dicampur aduk dengan upaya manusia, kenapa saya malah bebas total dari ikatan masturbasi, pornografi, keinginan untuk bunuh diri, dan berkat keuangan?
    Untuk anda ketahui, sebelum mengenal ajaran joseph prince, saya adalah penganut law. Saya berusaha menghancurkan keterikatan tersebut dengan pujian-penyembahan, puasa (daniel dan setengah hari), bahasa roh secara rutin, rajin ke menara doa, self discipline, dan memahami bahwa kekudusan adalah sesuatu yang bisa hilang karena dosa?

    Kalau memang JP sesat kenapa saya jadi lebih ingin tahu dan cinta yesus?

    Site admin, kamu adalah kegagalan kristen karena kamu telah menista yesus dengan memberi gambaran palsu akan yesus. Penggambaran yesus yang tidak sebenarnya hanya menciptakan jarak antara manusia dengan tuhan.
    Kalau kamu meyakini law dan bisa hidup menurut law, itu bagus dan saya ucapkan selamat. Tapi untuk kamu ketahui, keselamatanmu fana karena kebenaranmu ada pada kekuatanmu sendiri bukan salib yesus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s