Saturday Diary · Uncategorized

Melihat Kapas-Kapas Bromo dari Bukit King Kong

Sejak melihat teman-temanku memposting foto-foto mereka saat berkunjung di Bromo dua tahun yang lalu, aku memang jadi tertarik. Syukurlah liburan itupun akhirnya terwujud tahun ini. πŸ™‚

Hari-1

Kami tiba di Airport Juanda hari Jumat jam 10:00 malam, menunggu T menghabiskan burger yang dibelinya di Carl’s Jr lalu melangkah ke mobil travel yang menjemput kami. Pak Budi, nama supir sekaligus tour guide untuk 4 hari kedepan.

Hari-2

Sewaktu kami terbangun 4 jam kemudian, malam masih sangat pekat namun kami harus pindah dari mobil ke jeep untuk menuju ke penanjakan Bromo.

Kami pun pindah dari Toyota Avanza ke sebuah Jeep. Jeep tersebut melaju membawa kami beserta dua buah ransel besar berisi peralatan camping. Sayangnya perjalanan kami harus terhenti sebelum kami dapat mencapai β€œPenanjakan”, yang disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk melihat matahari terbit (sunrise) di Bromo.

Kecewa, namun apa boleh buat karena hari itu hari sabtu; tidak hanya turis tapi banyak orang lokal yang sepertinya juga menghabiskan akhir pekan kesana. Supir Jeep (bukan Pak Budi) mengajak kami untuk melihat matahari terbit dan Bromo dari Bukit King Kong yang letaknya sudah tidak jauh dari tempat ia memarkirkan jeep.

dscf5815

Kami setuju saja dibanding mengambil ojek menuju penanjakan, malam terasa lebih dingin dan kamipun merapatkan jaket kami lalu masing-masing memesan semangkok indomie kuah sambil menunggu jam 4 pagi. Setelah menyeruput habis kuah Indomie kuah rasa kaldu ayam, kami pun berjalan ke arah bukit King Kong, langit masih gelap.

Selang beberapa menit kemudian, kami mendapati pemandangan matahari terbit di sisi kiri, dan awan-awan yang putihnya bak kapas mengeliling puncak gunung bromo. Indah dan menakjubkan, dua kata yang cocok untuk menggambarkan pemandangan ini.

dscf5825

Kami sempat bergurau jika Bromo pasti kesal karena harus terus berpose dengan semua orang yang tak henti henti mengambil selfie dengannya.

Aku sendiri mengambil kurang lebih 20 selfie di ponsel ditambah puluhan foto bersama di kamera go pro dan kamera digital.

DSCF5831.JPG

Sesudah menghabiskan kurang lebih 40 menit disana, kami pun diantar ke kawah gunung bromo. Kami menaiki kuda dengan membayar 133ribu/orang untuk perjalanan PP dari parkiran jeep menuju ke atas. Meski orang-orang berkata bahwa 100rb lebih dari cukup, namun melihat betapa sulit si pemilik kuda harus berlari mengikuti kecepatan langkah si kuda, kami tidak kuasa untuk menawar. Itu bukan pekerjaan yang mudah, fisik harus kuat.

dscf5910

Sesampainya diatas, kami masih harus menaiki tangga yang cukup tinggi dan mulai longsor, untuk melihat dari dekat bentuk kawah tersebut sementara kuda kuda kami menunggu dibawah.

Sedikit lelah namun pemandangan dari atas sana benar benar indah, mataku serasa dimanjakan sepanjang hari. Kami mengambil beberapa video dan foto sampai lupa waktu. Sesampainya kami dibawah, kuda yang sama mengantarkan kami kembali ke tempat parkir jeep.

dscf5990
Pemandangan Sebelah Kiri Dari Atas Kawah
dscf5991
Pemandangan Sebelah Kanan dari Atas Kawah
dscf6006
Diatas Kawah πŸ™‚
dscf5982
Kawah Bromo

Jeep yang sama pun mengantarkan kami ke Pasir Berbisik, bentuknya seperti gurun pasir saat jeep berhenti di tengah tengah. Cuaca hari itu tidak panas dan tidak juga dingin, syukurlah.

DCIM101GOPROGOPR0162.

Selesai berfoto di pasir berbisik, jeep tersebut mengantar kami ke Bukit Telletubies, daun daun hijau mengelilingi kami dan kami pun berfoto di tengah tengah ladang bunga dengan pakaian yang kurang cocok dengan tema bunga-bunga.

img_1163

Itulah tempat pemberhentian terakhir kami, jeep tersebut membawa kami ke Ranu Pane untuk menginap di Ranu Kumbolo nanti malam.

Thanks to T & E for taking awesome snap during our trip! πŸ™‚

Harga Paket Per Orang untuk Private Tour di Bromo, IJen, Ranu Kumbolo (Tur Pribadi) 4 Hari 4 Malam:
Domestic: IDR 2500000
WNA: IDR 3200000

*Harga belum termasuk tiket pesawat, tips, tunggang kuda di Bromo, sepatu sandal gunung untuk trekking, makan (kecuali di Ranu Kumbolo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s